- Macam – macam konsep dalam mempelajari pendidikan dan pengajaran.
- Hakikat Pendidikan
Pendidikan merupakan
transfer of knowledge, transfer of value dan
transfer
of culture and transfer of religius yang
semoga diarahkan pada upaya
untuk
memanusiakan manusia. Hakikat proses pendidikan ini sebagai upaya untuk
mengubah perilaku individu atau kelompok agar memiliki nilai-nilai yang
disepakati berdasarkan agama, filsafat,
ideologi, politik, ekonomi, sosial,
budaya dan pertahanan keamanan.
Menurut pandangan Paula
Freire pendidikan adalah proses pengaderan
dengan
hakikat tujuannya adalah pembebasan. Hakikat pendidikan adalah
kemampuan
untuk mendidik diri sendiri.
- Fenomena Pendidikan
Bagi orang-orang yang berkompeten terhadap bidang pendidikan akan
menyadari
bahwa pendidikan kita sampai saat ini masih mengalami “sakit”. Dunia
pendidikan
yang sakit ini disebabkan karena pendidikan yang seharusnya
membuat
manusia menjadi manusia, tetapi dalam kenyataannya seringkali tidak
demikian.
Seringkali kepribadian manusia cenderung direduksi oleh sistem
pendidikan
yang ada.
- Inovasi Pendidikan
Inovasi berasal dari kata latin, innovation yang berarti
pembaharuan dan perbuahan. Inovasi ialah suatu perubahan yang baru yang menuju
ke arah perbaikan yang lain atau berbeda dari yang sebelumnya, yang dilakukan
dengan sengaja dan bererncana (tidak secara kebetulan saja).
Inovasi pendidikan menurut Ibrahim (1988) adalah inovasi yang
berfungsi untuk memecahkan masalah atau inovasi pada bidang pendidikan.
Kesimpulannya, inovasi pendidikan adalah suatu gagasan atau ide, metode, barang
yang dirasa oleh seseorang atau masyarakat (kelompok orang) sebagai hal yang
baru, baik itu berupa hasil penemuan baru (inverse) atau baru ditemukan orang
(discovery) yang dipakai dalam mencapai tujuan pendidikan dan memecahkan
permasalahan pendidikan.
- Pembaruan Pendidikan
Pembaharuan
pendidikan adalah suatu perubahan yang baru, dan kualitatif berbeda dari hal
(yang ada sebelumnya) serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan
guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan. Dari uraian di atas dapat
dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan pembaharuan di bidang pendidikan adalah
usaha mengadakan perubahan dengan tujuan untuk memperoleh hal yang lebih baik.
Secara luas tujuan
- Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
Istilah
“pendidikan khusus” secara tradisional dikaitkan dengan anak-anak yang tidak
mampu, cacat atau memiliki kesulitan. Namun demikian ruang lingkup pendidikan
berkebutuhan khusus telah meluas hingga melibatkan anak-anak yangberbakat atau
bertalenta atau bahkan anak-anak dari budaya yang berbeda dan berbicara dengan bahasa yang berbeda. Banyak buku yang
ada serta publikasi tentang pendidikan khusus di berbagai negara seperti
Amerika Serikat, Inggeris, Kanada dan Australia memasukkan kedua kelompok
anak-anak tersebut. Ruang lingkup yang lebih luas dari bidang ini juga telah
menerima kemampuan saling merubah dari terminologi seperti “pendidikan
berkebutuhan khusus” dan “pendidikan khusus”.
- Pendidikan Non Formal/Informal
a)
Pendidikan
informal adalah proses yang berlangsung sepanjang usia sehingga sehingga
setiap orang memperoleh nilai, sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang
bersumber dari pengalaman hidup
sehari-hari, pengaruh lingkungan termasuk di dalamnya adalah
pengaruh kehidupan keluarga, hubungan dengan tetangga, lingkungan
pekerjaan dan permainan, pasar, perpustakaan, dan media massa.
b)
Pendidikan
nonformal ialah setiap kegiatan teroganisasi dan sistematis, di luar sistem
persekolahan yang , dilakukan secara mandiri atau merupakan bagian
penting dari kegiatan yang lebih luas, yang sengaja dilakukan untuk
melayani peserta didik tertentu di dalam mancapai tujuan belajarnya.
G. Pendidikan Sepanjang Hayat
Pendidikan sepanjang hayat (livelong education) adalah bahwa
pendidikan tidak berhenti hingga individu menjadi dewasa, tetapi tetap
berlanjut sepanjang hidupnya. Pendidikan sepanjang hayat menjadi semakin tinggi
urgensinya pada saat ini karena manusia terus menerus menyesuaikan diri supaya
dapat tetap hidup secara wajar dalam
lingkungan masyarakat yang selalu berubah. Sisi lain pendidikan sepanjang hayat
adalah peluang yang luas bagi seseorang untuk terus belajar agar dapat meraih
keadaan kehidupan yang lebih baik.
H. Pendidikan Sebagai Suatu Sistem
Pendidikan merupakan suatu usaha untuk
mencapai suatu tujuan pendidikan. Suatu usaha pendidikan menyangkut tiga unsur
pokok yaitu unsur masukan, unsur proses usaha itu sendiri, dan unsur hasil
usaha.
Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan
(1979) menjelaskan bahwa pendidikan merupakan suatu sistem yang mempunyai unsur-unsur tujuan sasaran pendidikan,
peserta didik, pengelola pendidikan, struktur atau jenjang, kurikulum dan
fasilitas. Setiap sistem pendidikan ini saling mempengaruhi.
Posting Komentar