keterangan

Perbandingan Kualitas Manusia dan Penduduk Papua Nugini Dengan Indonesia



1.      Kualitas fisik 
a.       Komposisi penduduk
            Komposisi penduduk Papua Nugini lebih banyak didominasi oleh laki-laki demikian pula dengan Indonesia. Namun jumlah penduduknya jauh lebih besar Indonesia jika dibandingkan dengan Papua Nugini. Selain itu Papua Nugini memeiliki angka pertumbuhan penduduk yang lebih besar dibandingkan dengan Indonesia dimana pertumbuhan penduduk Papua Nugini Lebih dari 1% sedangkan Indonesia kurang dari 1%. Berkaitan dengan suku dan agama sendiri, meski antara Indonesia dan Papuan Nugini Bersebelahan, namun terdapat perbedan jauh diantara keduanya.
b.      Beban ketergantungan
            Beban ketergantungan penduduk Papua Nugini jika dibandingkan dengan beban ketergantungan Indonesia juah lebih tinggi dimana ketergantungan Negara Papua Nugini sebesar 63% sedangkan Indonesia hanya 51%, hal ini menunjukkan bahwa dari segi beban ketergantungan Indonesia masih lebih baik.
c.       Tingkat kelahiran dan tingkat kematian
            Tingkat kelahiran Penduduk Papua Nugini adalah 24.89 perseribu penduduk sedangkan untuk Indonesia adalah 13.4 per seribu penduduk.. Sedangkan untuk kematian yaitu 6.53 perseribu penduduk unuk Papua Nugini dan 6.34 kematian per seribu penduduk. Dari kedua data diatas dapat dikatakan bahwa tingkat kesehatan dan kesadaran akan pentingnya kesehatan di Papua nugini masih rendah dan fasilitas kesehatan di Papua Nugini juga masih rendah atau sedikit.


d.      Angka kesakitan
            Angka kesakitan di Papua Nugini jika dibandingkan dengan Indonesia masih lebih tinggi Papua Nugini. Hal ini berarti resiko sakit di Papua Nugini lebih tinggi. Ini juga disebabkan oleh ketersediaan fasilitas kesehatan yang ada di masing-masing Negara dan tingkat kesadaran akan pentingnya kesehatan penduduknya.
e.       Angka harapan hidup
            Angka harapan hidup penduduk Papua Nugini yaitu berkisar 68 tahun sedangkan Indonesia yaitu 72 tahun. Disini terlihat bahwa angka harapan hidup penduduk Papua Nugini masih dibawah Indonesia.
2.      Kualitas non fisik
a.       Produktifitas
            Antara Papua Nugini dan Indonesia sebenarnya masih memiliki produktifitas yang masih rendah, namun jika dibandingkan maka produktifitas penduduk Indonesia masih jauh lebih baik.
b.      Kemandirian
            Dari segi kemandirian, penduduk Papua Nugini masih jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Indonesia. Hal ini di karenakan sebagian penduduk Papua Nugini berusaha sendiri tanpa bergantung pada pemerintah yakni berusaha di bidang pertanian.
c.       Solidaritas
           Papua Nugini dan Indonesia memiliki solidaritas yang sama tinggi. Namun solidaritas ini tidak dapat diukur secara langsung maupun diukur dengan angka. Solidaritas dapat diukur dari kehidupan sosial penduduk masing-masing Negara.
d.      Pendididikan/kecerdasan 
   Dari segi pendidikan, Papua Nugini masih berada di bawah Indonesia, dimana pendidikan di Papua Nugini masih belum ada data yang pasti dikarenakan pendidikan disana masih sangat rendah. Sedangkan di Indonesia sudah ada lembaga yang pasti dan dapat dipertangung jawabkan dan pendidilkan di Indonesia sudah terlembaga dengan baik.



DAFTAR PUSTAKA

         THE WORLD FACTBOOK “PAPUA NUGINI”. Diakses dari https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/pp.html pada tanggal 19 juli 2014 pukul 19.00.

         THE WORLD FACTBOOK “INDONESIA”. Diakses dari https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/id.html pada tanggal 19 juli 2014 pukul 19.00.
“Working to achieve an HIV-free generation in PNG”. Diakses dari http://www.unicef.org/png/media_22750.html pada tanggal 20 juli 2014 pukul 09.00.
 



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Katalog Geografi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger