keterangan

MID SEMESTER GEOGRAFI SUMBER DAYA




Soal:
1.      Jelaskan bahawa kualitas masukan berhubungan dengan kualitas manusia dan penduduk
2.      Mengapa indicator kualitas manusia dan penduduk penting untuk diketahui
3.      Jelaskan perbedaan kualitas fisik dan kualitas non fisik
4.      Mengapa kualitas non fisik sulit di ukur
5.      Mengapa indikator kualitas manusia dan penduduk penting untuk Indonesia.

Jawab:
1.      Kualitas masukan selalu berhubungan dengan dengan kualitas masukan dan manusia. Hal ini dikarenakan kualitas masukan akan menentukan kualitas manusia baik secara fisik maupun non fisik. Kualitas masukan yang menentukan kualitas fisik manusia yaitu gizi dan lingkungan (khususnya lingkungan alam), gizi dan lingkungan akan menetukan fisik manusia seperti berat badan, tenaga, dan daya tahan. Manusia jika mendapatkan gizi yang cukup dan baik maka akan memiliki fisik yang baik begitu pula sebaliknya.  Gizi juga akan berpengaruh terhadap kecerdasan, dimana manusia yang mendapatkan gizi yang baik maka fisik akan berkembang baik, termasuk otak yang kemudian akan berpengaruh terhadap kecerdasan manusia iti sendiri. Sedangkan kualitas lingkungan (lingkungan sosial) dan pendidikan akan berpengaruh terhadap kualitas manusia secara non fisik seperti kecerdasan, emosional, dan budi dan iman. Manusia yang tumbuh pada lingkungan yang baik maka akan terbentuk kepribadian yang baik, manusia yang memiliki emosional dan budi dan iman yang baik. Pendidikan akan berpengaruh terhadap kecerdasan seseorang.  Selanjutnya kualitas manusia menetukan output, manusia yangmemiliki kualitas fisik dan non fisik yang baik maka akan menghasilkan output atau keluaran yang baik pula.
Selanjutnya kualitas manusia juga akan berpengaruh terhadap kualitas penduduk baik fisik maupun non fisik. Seperti yang kita ketahui bahwa kualitas penduduk baik fisik maupun non fisik sangat dipengaruhi oleh kualitas manusia, karena penduduk merupakan sekumpulan manusia yang hidup dan berinteraksi di suatu tempat atau Negara. Jadi kualitas manusia akan menentukan kualitas manusia
2.      Seperti yang telah disebutkan pada jawaban soal sebelumnya bahwa kualitas manusia akan menentukan kualitas penduduk sebuah Negara. Sehingga kualitas manusia sangat penting untuk diketahui agar dapat mengetahui bagaimana kualitas penduduk suatu Negara dan apakah kualitas penduduk di suatu Negara tersebut sesuai dengan yang seharusnya dan apa yang diharapkan atau tidak. Semisal kualitas manusia di suatu Negara sudah baik namun ternyata kualitas penduduk masih dirasa kuarang atau tidak sesuai maka pemerintah akan melakukan evaluasi dan menentukan kebijakan yang sesuai untuk meningkatkan kualitas penduduk.
3.      Kualitas fisik.
Kualitas fisik merupakan kualitas yang dapat dilihat seperti berat badan, tenaga, daya tahan tubuh, angka kematian kasar, angka kelahiran bayi, angka kesakitan, dan harapan hidup. Kualitas fisik ini lebih mudah untuk dihitung karena terlihat secara jelas. Selain itu kualitas non fisik juga akan berpengaruh terhadap kualitas non fisik.
Kualitas non fisik
Kualitas non fisik merupakan kualitas yang tidak dapat dilihat secara langsung oleh mata atau bisa dikatakan abstrak. Kualitas non fisik ini cenderung sukar atau sulit untuk dihitung jika dibandingkan dengan kualitas fisik.
4.      Kualitas non fisik sulit diukur karena kualitas non fisik tersebut bersifat abstrak dan tidak terlihat secara langsung. Kualitas non fisik tercermin dari kehidupan sehari-hari manusia sehinga sulit untuk diukur secara kuantitatif. Selain itu kualitas non fisik cenderung mengalami perubahan yang cepat sehingga perlu adanya penelitian yang berkelanjutan.
5.      Indicator kualitas manusia dan penduduk penting bagi Indonesia dikarenakan dengan mengetahui kualitas manusia dan penduduk maka dapat diketahui potensi Indonesia khususnya sumber daya manusia (SDM). Dengan mengetahui potensi yang ada makan penmerintah dapat mengevaluasi kebijakan lama yang kurang tepat serta membuat sebuah kebijakan yang dapat mendukung potensi tersebut termanfaatkan dengan baik. Dengan demikian maka Indonesia akan menjadi Negara yang maju, mandiri, dan mampu bersaing dengan bangsa lain.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Katalog Geografi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger