keterangan

Tri Hita Karana

Tri hita karana berasal dari bahasa Sansekerta: Tri (tiga), hita (semangat atau sejahtera) dan karana ( sebab atau lantaran). Jadi Tri Hita Karana berarti tiga penyebab kebahagiaan.
Tri Hita Karana, baik sebagai falsafah, sebagai konsep, maupun sebagai ajaran dalam agama Hindu telah banyak dibicarakan baik oleh para ilmuwan, birokrat, anggota dewan, tokoh tokoh adat dan agama, tidak terkecuali istilah ini juga sudah populer di kalangan orang kebanyakan, seolah-olah istilah ini telah mendarah-daging dan membudaya dalam kehidupan masyarakat Bali. 
Tri Hita Karana yang melekat erat dalam kehidupan sehari-hari umat Hindu  mengajarkan bahwa kebahagiaan akan dapat dicapai dengan terwujudnya tiga keseimbangan, yaitu keseimbangan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungannya. Ajaran tentang kesimbangan hidup tersebut sangat penting artinya dalam kehidupan manusia, baik untuk menata kehidupan sekarang maupun untuk menata kehidupan yang akan datang. Ajaran keseimbangan hidup menuntun manusia agar memperoleh kehidupan yang aman, damai dan sejahtera. Terkait dengan ketiga bentuk keseimbangan tersebut, Ida Pedanda Gede Made Gunung dalam beberapa kali dharmawacananya menyebutkan bahwa keseimbangan hubungan manusia dengan Tuhan harus diwujudkan dalam bentuk bakti, hubungan manusia dengan manusia diwujudkan dalam bentuk tresna, dan hubungan manusia dengan lingkungannya diwujudkan dalam bentuk asih. 
Tri Hita Karana juga berarti tiga hal (karana) yang menjadikan bahagia (hita). Tiga hal atau unsur tersebut adalah Prajapati (Tuhan Yang Maha Esa), praja (manusia) dan alam lingkungan manusia. Hubungan ketiganya ini dilandasi oleh Yadnya, sehingga menumbuhkan keharmonisan hidup (parhyangan, pawongan, dan palemahan) (Sudjana Dhiyasa, 1998)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Katalog Geografi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger