keterangan

Kecerdasan Arsitektur Rumah di Indonesia



Sebagai sebuah Negara yang terdiri dari berbagai suku dan kebudayaan, Indonesia memiliki keragaman yang luar biasa. Salah satunya adalah banyaknya rumah adat di Indonesia. Setiap Provinsi memiliki rumah adat khas masing-masing. Namun dibalik desain rumah adat, ternyata orang indonesia telah memikirkan berbagai hal dalam membangun sebuah rumah. Berikut ini adalah kecerdasan orang orang indonesiabangun rumah adat.


     1.  Memiliki atap yang menjulang  tinggi
Sebagai negara yang terletak di jalur pertemuan lempeng, membuat Indonesia ditumbuhi ratusan gunung, dan tak sedikit dari gunung-gunung tersebut yang aktif dan dapat erupsi kapan saja. Melihat hal tersebut, orang jaman dahulu telah sadar mengenai bahaya dari gunung berapi, salah satunya dengan membuat desain rumah yang memiliki atap yang menjulang tinggi. Desain ini bukan tanpa tujuan mereka sadar akan alam di sekitar mereka. Dengan atap yang menjulang tinggi, akan memudahkan material erupsi gunung berupa pasir atau abu untuk meluncur ke tanah sehingga tidak menumpuk di atap rumah. Hal ini penting mengingat jika abu atau pasir tersebut menumpuk di atap rumah maka akan sangat sulit membersihkannya, harus menunggu hujan terlebih dahulu, dan jika hujan pun tidak serta merta hilang dengan seketika. Kemungkinan abu ataupasir justru akan menghambat laju air dan malah masuk ke dalam rumah. Dengan atap yang menjulang tinggi maka akan mengurangi tumpukan material erupsi di atap.
Selain itu atap yang tinggi akan menjaga sirkulasi udara di dalam rumah agar tidak sumpek dan panas mengingat negara kita merupakan negara tropis dengan intensitas penyinaran matahari yang tinggi.






2. Rumah Panggung

Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis basah. Dengan demikian maka curah hujan di Indonesia tinggi dan hutan tumbuh dengan lebat. Seperti diketahui bahwa hutan merupakan tempat tinggal berbagai macam hewan buas yang dapat mengancam kehidupan manusia. Maka dari itu orang jaman dahulu membuat rumah panggung untuk menghindari dari serangan binatang buas saat malam hari. Selain itu, rumah panggung juga aman dari banjir.

  





3. Atap Seng
Jika kalian berkunjung ke dataran tinggi di wonosobo dan sekitarnya, maka kalian akan menemukan bahwa sebagian besar atap rumah menggunakan bahan seng. Hal ini bukan tanpa tujuan, seperti yang kita ketahui bahwa daerah dataran tinggi memiliki suhu yang rendah dan hawa yang dingin baik siang maupun malam hari. Untuk mensiasati hal tersebut maka dibangunlah rumah beratapkan seng agar di dalam rumah dapat menjadi hangat pada saat siang hari.




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Katalog Geografi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger